Sabtu, 21 Juli 2018

Cerita Ribka Yang Lolos Jadi Paskibraka 2018 dengan Menggunakan Sepatu yang Robek


Perjuangan siswi SMA 02 Ratahan, Minahasa Tenggara, Sulut, Ribka Yuliana Syalom Owu tak sia-sia. Ia akhirnya bisa lolos jadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskribraka) di Istana Negara.

"Memang saya merasa senang saat mendengar keberhasilan Ribka," kata ibu Ribka, Citra Kario , Minggu (22/7/2018).

Sejak masih di bangku SD, Ribka Owu dikenal sebagai anak tangguh dan berprestasi. Ia sering juara kelas dan menjadi pemimpin di sejumlah organisasi. Ribka mulai tertarik dengan aktivitas Pasukan Baris-berbaris (PBB) saat dirinya masih SD. Ia mulai berlatih dengan fokus dalam kelompok Paskibraka di SMP.

Di tingkat kabupaten diseleksi dari antara 120-an pelajar, Ribka lolos. Dan diseleksi lagi di tingkat provinsi ada 30 pelajar dan akhirnya tembus bisa menjadi anggota Paskibraka pada 17 Agustus 2018 nanti.

Ketekunannya berlatih PBB kini membuahkan hasil ketika ia dibangku SMA, ia berhasil lolos seleksi empat tahap dari penyaringan di tingkat sekolah ia terpilih dalam 5 terpilih.

Keseharian Ribka Owu di rumahnya yakni seperti biasa. Layaknya anak sederhana lainnya, ia rajin membantu ibunya membersihkan rumah. Seperti membereskan tempat tidur, menimba air sumur, cuci piring hingga memberikan makan ayam peliharaannya di rumah.

"Ayahnya almarhum tidak bisa menyaksikan langsung keberhasilannya. Saya tidak pernah kepikiran Ribka bisa tembus sampai ke Istana," ujar Citra.

Ribka Owu mengaku punya sepatu andalan yang membawanya berhasil. Yaitu sepatu yang robek akibat berlatih. Kondisi sepatunya sudah terbuka dan bagian kanan kiri sepatu robek. 

"Ribka tetap mengucap syukur, perjuangan dan ketekunan Ribka dalam berlatih membuahkan hasil meski berlatih dengan supatu yang sudah robek," ucap Citra.